Header Ads

Breaking News

Cara Efektif Memperkuat Tim

Cara Efektif Memperkuat Tim
Cara Efektif Memperkuat Tim
Top-motivator.com --- Memiliki tim yang kuat, kompak dan harmonis adalah impian semua pemimpin. Para pelatih, manajer, dan atasan yang baik juga mempunyai harapan agar dapat memiliki tim kerja yang produktif. Adakah Cara Efektif Memperkuat Tim?

Kualitas kinerja individu memang penting. Tetapi, kualitas kinerja tim akan jauh lebih dibutuhkan. Mengapa? Dengan penekanan pada kebutuhan kerja tim maka egoisme, kepentingan diri sendiri, dan keakuan individu dapat diminimalisir.

Setiap orang membutuhkan tim. Bahkan, untuk kelahiran anda ke dunia ini pun dibutuhkan sebuah tim, yaitu ayah dan ibu. Tim yang terbaik adalah tim yang bersinergi dan berkolaborasi satu sama lain. Tanpa kolaborasi, anda bisa kollap!
Cara Efektif Memperkuat Tim Ala Paul Bear Bryant
Cara Efektif Memperkuat Tim Ala Paul Bear Bryant

Cara Efektif Memperkuat Tim

Tahukah anda akrostik Team? Team adalah Together Everyone Achieve More. Hanya dengan bersama, bekerja sama, dan bersinergi maka setiap orang anggota tim akan memperoleh hasil yang lebih baik. Tanpa kolaborasi, anda bisa kollap!

Motivator terkenal dunia Denis Waitley, di dalam buku The New Dynamics of Winning mengungkapkan cara efektif memperkuat tim yang dikembangkan oleh Paul ‘Bear’ Bryant. Menurut Pelatih Football Amerika Paul Bryant, setiap orang perlu memahami cara memperkuat, mempersatukan, dan mengharmoniskan tim dengan cara memenangkan hati dan meningkatkan semangat setiap anggota tim.

Cara Efektif Memperkuat Tim
Cara Efektif Memperkuat Tim
Agar dapat melipatgandakan kekuatan tim, Paul Bear Bryant membagikan tiga cara efektif memperkuat tim.

Pertama, jika terjadi kesalahan berarti sayalah yang melakukannya. Paul Bryant mengembangkan tanggung jawab pribadi, baik kepada diri sendiri maupun kepada anggota tim. Sebagai pemimpin, pelatih, dan manajer anda perlu bertanggungjawab secara penuh atas kinerja tim. Terlebih pada saat terjadi kesalahan, maka mengakui bahwa anda yang melakukan kesalahan merupakan salah satu cara efektif memperkuat tim.

Kedua, jika sesuatu berjalan agak baik, maka Kamilah yang melakukannya. Pencapaian yang lebih baik daripada sebelumnya, hasil yang lebih baik daripada sebelumnya, dan kinerja yang lebih baik daripada sebelumnya perlu mendapat apresiasi.

Berikan pujian yang tulus atas perbaikan kinerja individu dan tim. Yakinkan seluruh anggota tim bahwa prestasi yang diraih patut disyukuri dan dirayakan.

Cara Efektif Memperkuat Tim Ala Paul Bear Bryant
Cara Efektif Memperkuat Tim Ala Paul Bear Bryant
Meski demikian, tetap ungkapkan keyakinan anda bahwa performa kinerja yang lebih baik adalah tujuan berikutnya. Dengan memberikan penghargaan dan harapan secara terbuka, semangat, motivasi, dan gairah kerja anggota tim dapat terangkat lebih tinggi.

Ketiga, Jika berjalan dengan sangat baik, maka andalah yang telah melakukannya. Pemimpin, pelatih, manajer, dan atasan yang baik mampu memberikan penghargaan yang tulus di depan umum.

Dengan mengakui kontribusi individu demi individu di dalam tim, maka setiap orang merasa penting. Setiap individu yang diperlakukan sebagai orang penting, akan memperlakukan pekerjaan dan timnya dengan cara yang penting pula. Pujian di depan umum adalah salah satu deklarasi penghargaan yang paling penting yang mampu mengangkat harga diri anggota tim secara signifikan.


Cara Efektif Memperkuat Tim Ala Paul Bear Bryant
Cara Efektif Memperkuat Tim Ala Paul Bear Bryant

Cara Efektif Memperkuat Tim

Paul Bryant mengembangkan kebiasan konstruktif dalam membangun tim. Cara efektif memperkuat tim yang ditempuh adalah dengan melakukan deklarasi terbuka di hadapan anggota tim.

Pertama, ungkapkan dengan deklarasi di depan umum bahwa,”Jika ada kesalahan, maka sayalah yang melakukannya.”

Kedua, ungkapkan dengan deklarasi di depan umum bahwa,”Jika sesuatu berjalan agak baik, maka kamilah yang melakukannya.”
Ketiga, ungkapkan  dengan deklarasi di depan umum, “Jika berjalan dengan sangat baik, maka andalah yang melakukannya. 

Deklarasi pujian di depan umum merupakan motivasi positif, kontruktif, dan kreatif yang dapat mengangkat performa kinerja tim. Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar