Header Ads

Breaking News

Mengembangkan Potensi Meraih Prestasi


Mengembangkan Potensi Meraih Prestasi
Mengembangkan Potensi Meraih Prestasi
Top-motivator.com --- Apakah anda sudah mengetahui potensi besar yang anda miliki untuk hidup yang optimal? Apa yang anda lakukan dengan potensi yang  anda miliki? Bagaimana cara mengembangkan potensi meraih prestasi?

Potensi adalah kemampuan dasarn yang dimiliki oleh manusia untuk dikembangkan sehingga menjadi lebih baik. Dalam konteks ini, potensi adalah istilah yang sama dengan bakat, minat, talenta, dan kelebihan. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari sesuatu yang telah dilakukan dan dikerjakan.

Alasan Mengapa tidak mengembangkan Potensi

Top Motivator Dunia Zig Ziglar, di dalam buku You Can Reach The Top mengungkapkan ada empat alasan mendasar mengapa banyak orang tidak mengembangkan dan memanfaatkan potensi di dalam hidupnya.

Pertama, menyangkal potensi yang dimilikinya. Potensi terkait erat dengan tanggungjawab, dipercayai, dan diberikan kesempatan lebih. Para penyangkal potensi merasa lebih aman menjadi orang biasa dan tidak menjadi pusat perhatian.

Mengembangkan Potensi Meraih Prestasi Top Motivator
Mengembangkan Potensi Meraih Prestasi Top Motivator

Kedua, menunda-nunda. Kebiasaan menunggu sampai besok, sampai waktu yang tepat, dan sampai situasi ideal. Padahal, potensi akan semakin berkembang bila dioptimalkan secara intens.

Ketiga, rasa takut gagal. Potensi yang tidak digunakan sudah pasti akan mandek dan gagal. Potensi yang dioptimalkan bias jadi memang gagal, tetapi bila dioptimalkan secara berkelanjutan akan semakin baik dan efektif.

Keempat, tidak bertanggungjawab. Mentalitas menyalahkan, mengeluh, dan mentalitas korban menjadi dasar kebiasaan pribadi yang tidak bertanggung jawab.

Rahasia Mengembangkan Potensi Meraih Prestasi


Para peraih prestasi memiliki kebiasaan yang berbeda. Para peraih prestasi justru mampu mengembangkan potensi secara optimal sehingga menikmati keberhasilan di dalam kehidupan.


Mengembangkan Potensi Meraih Prestasi Colonel Sanders
Mengembangkan Potensi Meraih Prestasi Colonel Sanders

Rahasia mengembangkan potensi meraih prestasi adalah:


Pertama, Mengakui potensi secara terbuka. Dengan mengakui potensi, bakat, dan minat yang kita miliki maka kesempatan untuk berkembang justru akan semakin besar. Dengan mengakui kelebihan, keunggulan, dan keistimewaan kita maka pintu gerbang kemungkinan untuk sukses melalui peluang yang ada akan terbuka.

Kedua, mengembangkan kebiasaan bertindak saat ini. Ingat, pepatah bijak mengatakan “jangan tunda sampai hari esok apa yang dapat anda lakukan hari ini.” Dengan mengembangkan kebiasaan bertindak sesuai talenta, bakat, minat, maka kemampuan kita justru akan bertambah baik. Di dalam pengembangan potensi berlaku hokum penggunaan,”Semakin sering digunakan semakin baik. Semakin jarang digunakan semakin buruk.”

Apakah anda ingat slogan Nike,”Just Do It”?Ya, lakukan Just Do It  untuk mengembangkan  potensi secara positif, kreatif, dan kontruktif.




Ketiga, mengembangkan kebiasaan gagal. Orang yang tidak pernah mau melakukan sesuatu tidak tahu bagaimana rasa sebuah kegagalan, kekalahan, dan kesulitan. Namun, orang yang tidak pernah mencoba sudah pasti mengalami kegagalan. Sementara, orang yang belajar dari kegagalan justru akan menikmati indahnya kemenangan.

Apakah anda tahu berapa kali Thomas Alva Edison gagal? Apakah anda tahu berapa kali Colonel Sanders mengalami penolakan? Ingatkah anda dengan kehidupan penuh kegagalan Abraham Lincoln?

Ke-empat, mengembangkana kebiasaan bertanggungjawab. Apapun hasil anda hari ini, semua itu merupakan dampak dari pilihan, keputusan, dan tindakan anda. Anda sepenuhnya bertanggungjawab atas apapun yang anda pilih, putuskan, dan kerjakan. Jika anda gagal maka  bukan karena kesalahan orang lain, cuaca, atau keadaan.

Sebelum anda bertanggungjawab sepenuhnya atas hidup anda, maka masih terbuka peluang untuk menyalahkan orang lain, cuaca atau keadaan. Tetapi, dengan mengakui bahwa anda bertanggungjawab, maka anda akan mengubah kebiasaan untuk menyalahkan siapapun kecuali diri sendiri.

Mengembangkan Potensi Meraih PrestasiTop Motivator Indonesia
Mengembangkan Potensi Meraih PrestasiTop Motivator Indonesia

Rekomendasi Mengembangkan Potensi meraih Prestasi


Pengembangan potensi dapat diraih dengan 4 rekomendasi yang positif.

• Pertama, Mengakui potensi secara terbuka.
• Kedua, mengembangkan kebiasaan bertindak saat ini.
• Ketiga, mengembangkan kebiasaan gagal.
• Keempat, mengembangkana kebiasaan bertanggungjawab.

Apakah anda sedang berjalan di dalam prosesi mengembangkan potensi meraih prestasi? Teruskanlah, lanjutkanlah, dan tekunilah, maka anda akan menikmati keberhasilan.

Tidak ada komentar