Header Ads

Breaking News

Apa itu Bisnis Model Canvas

training business model canvas (BMC)

 

Top-motivator.com --- Apa itu bisnis model canvas. Para pebisnis start-up maupun pebisnis yang sudah berpengalaman tentu ingin meraih hasil yang lebih baik. Sehingga dengan strategi yang jitu bisnis dapat berjalan lancar dan menguntungkan. Bisnis model canvas adalah sebuah tool yang memiliki 9 elemen utama bisnis yang strategis.

Istilah bisnis model canvas, business model canvas dan model bisnis canvas adalah istilah yang dapat dipertukarkan satu sama lain. Bisnis model canvas, model bisnis kanvas, bisnis kanvas, atau BMC adalah istilah yang memiliki pengertian yang sama.

Pengertian Apa itu Bisnis Model Canvas

Bisnis model canvas diperkenalkan pada tahun 2005 oleh Alexander Osterwalder dalam buku yang berjudul Business Model Generation. Alexader Osterwalder,sang entrepreneur asal Swiss ini  menerangkan mengenai framework sederhana yang merepresentasikan elemen-elemen penting yang ada di dalam model bisnis. 

Dilansir dari Creately, Bisnis Model Canvas adalah representasi visual dari model bisnis, yang menyoroti semua faktor strategis utama. Bisnis model canvas adalah gambaran umum, holistik, dan lengkap tentang cara kerja perusahaan, pelanggan, aliran pendapatan, dan lainnya.

Bisnis model canvas adalah salah satu model rencana bisnis untuk menjelaskan tujuan, modal, hingga upaya dalam mencapai target yang ingin diraih. Strategi ini cukup efektif guna meminimalisir kegagalan karena segala resiko telah dipetakan sejak awal.  

Apa itu Bisnis Model Canvas: Mengapa Bisnis Model Canvas?

Anda harus paham alasan mengapa sebaiknya mengaplikasikan bisnis model canvas di dalam bisnis. Anda sebaiknya mempertimbangkan alasan mengapa mempergunakan bisnis model canvas sebagai pilihan jitu dalam merencanakan strategi bisnis.

training bisnis model canvas

 

Mengapa memilih Bisnis Model Canvas?

    Bisnis Model Canvas ( BMC ) memberikan gambaran singkat tentang model bisnis dan tidak memiliki detail yang tidak perlu dibandingkan dengan rencana bisnis tradisional.

     Sifat visual Bisnis Model Canvas (BMC) membuatnya lebih mudah untuk dirujuk dan dipahami oleh siapa saja.

     Bisnis Model Canvas (BMC) lebih mudah untuk disedit dan dapat dengan mudah dibagikan dengan karyawan dan pemangku kepentingan.

     Bisnis Model Canvas (BMC) dapat digunakan oleh perusahaan besar maupun pemula dengan hanya beberapa karyawan.

     Bisnis Model Canvas menjelaskan bagaimana keterkaitan berbagai aspek bisnis terkait satu sama lain.

     Bisnis model canvas (BMC) memiliki template BMC yang mudah dipergunakan untuk memandu sesi brainstorming dalam mendefinisikan model bisnis secara efektif.

 

training bisnis model canvas top motivator indonesia

 

Apa itu Bisnis Model Canvas: elemen Bisnis Model Canvas

 

Elemen bisnis canvas adalah semua komponen strategis bisnis yang sangat diperlukan dalam pengembangan bisnis. Elemen bisnis model canvas terdiri dari: Customers Segmen (segmentasi pelanggan), Value Proposition (nilai proposisi), Customers Relationship (relasi pelanggan), Chanel (saluran), Revenue stream (sumber pendapatan), key resources (sumber daya utama), key Activities (aktivitas utama), Key Partnership (mitra bisnis), dan cost structure (struktur biaya).

 

Customers Segmen adalah segmentasi pelanggan. Anda harus menentukan target pelanggan yang menjadi sasaran produk dan layanan anda. Segmentasi pelanggan adalah siapa kira-kira yang akan mau membeli dan mempergunakan produk anda.

 

Value Proposition. Keunggulan, kelebihan, dan keistimewaan produk anda dibandingkan dengan pesaing. Nilai tawar atau manfaat apa yang akan dinikmati oleh pelanggan.

 

Customers Relationship. Bagaimana cara anda memelihara hubungan dengan pelanggan sehingga menjadikan pelanggan setia dan melakukan repeat order terus menerus.

 

Chanel. Dimana pelanggan bisa melihat, membeli, dan mengakses produk layanan. Apakah anda memiliki agen, distributor, dan kantor cabang? Apakah anda mengembangkan chanel melalui website, youtube, tiktik, dan facebook.

 

Revenue Stream. Arus pendapatan anda bersumber dari mana. Apakah dari penjualan produk, persewaan, atau komisi? 

 

Key Resources. Sumber daya utama. Apakah sumber daya fisik,keuangan, intelektual, dan sumber daya manusia yang harus anda kembangkan untuk menghasilkan produk terbaik.

 

Key Activities.  Aktivitas utama. Semua aktivitas atau kegiatan yang dilakukan yang menghasilkan value proposition.

 

Key partnership. Mitra bisnis. Siapa mitra bisnis di luar perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan anda.

 

Cost Structure. Struktur biaya. Pengeluaran dan biaya apa saja yang muncul sebagai konsekuensi  operasional bisnis anda.  

 

training bisnis model canvas top motivator indonesia

Kesimpulan Apa Itu Bisnis Model Canvas

 

Bisnis Model Canvas adalah representasi visual dari model bisnis, yang menyoroti semua faktor strategis utama. Bisnis model canvas adalah gambaran umum, holistik, dan lengkap tentang cara kerja perusahaan, pelanggan, aliran pendapatan, dan lainnya.

 

Elemen bisnis model canvas terdiri dari: Customers Segmen (segmentasi pelanggan), Value Proposition (nilai proposisi), Customers Relationship (relasi pelanggan), Chanel (saluran), Revenue stream (sumber pendapatan), key resources (sumber daya utama), key Activities (aktivitas utama), Key Partnership (mitra bisnis), dan cost structure (struktu biaya).

 

Top Motivator Indonesia menyediakan Training Bisnis Model Canvas untuk membantu anda menyusun strategi bisnis. Dalam Training Bisnis Model Canvas ini anda akan memperoleh pemahaman mendalam tentang cara mengoptimalkan bisnis model canvas secara efektif. (Bertinus Sijabat ---Top Motivator Indonesia)

 

Tidak ada komentar