Header Ads

Breaking News

Memahami Esensi Team

 

membangun teamwork yang kuat

Top-motivator.com ---- Memahami esensi team. Apakah anda adalah orang yang merasa terpaksa berada di dalam sebuah tim? Apakah  anda memberikan kontribusi terhadap tim anda? Bagaimana sih idealnya seorang pemain team itu?

Tim adalah kelompok atau regu. Tim adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual. 

Memahami esensi Team: Kekuatan Individu

Team adalah singkatan dari Together Everyone Achieve More. Dengan bersama-sama setiap orang mencapai  lebih banyak.

Menurut MichaelRegnier, profesor dan wakil bioengineering di University of Washington, satu orang memiliki kekuatan untuk mengangkat 6-7 kali berat badannya. Namun, kemampuan ini akan efektif bila dilakukan dengan upaya dan kerja keras.

Kekuatan enerji yang luar biasa ini menjadi berkurang bahkan bisa hilang karena berbagai masalah. Menurut Dr Javier Provencio, direktur ICU saraf di Clevelend Clinic bahwa ketakutan, kelelahan dan rasa sakit bisa mencegah seseorang untuk menggunakan kekuatannya yang menakjubkan ini dalam kehidupan sehari-hari.

membangun teamwork yang kuat

 

Memahami Esensi Team: Kekuatan Tim

Together artinya bersama pada saat yang sama. Bersama-sama pada waktu yang sama. Hal  ini berarti melakukan upaya bersama dengan mengoptimalkan potensi, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki oleh setiap orang yang terlibat.

Bila dengan kekuatan satu orang mampu mengangkat beban 6-7 kali, tentu dengan sinergi,maka hasilnya akan jauh lebih banyak. Tetapi, titik berat penekanan harus jelas: setiap anggota tim bekerja melakukan bagian masing-masing dengan kekuatan optimal.

Everyone artinya setiap orang penting. Setiap orang dihargai. Setiap orang memiliki kontribusi yang nyata. Setiap orang memiliki peranan yang berarti.

Hanya karena seseorang lebih lemah bukan berarti dia kurang penting. Hanya karena seseorang berpendidikan rendah bukan berarti menjadi kurang penting. Hanya karena seseorang memiliki posisi lebih rendah bukan berarti kurang penting.

Memahami Esensi Team: Elemen Kekuatan Tim

Dalam konsep kinerja team, maka setiap orang adalah penting. Setiap orang sama penting antara satu sama lain tanpa mempedulikan asal-usul, pendidikan, dan jabatan. Jadi,  tidak ada istilah ada orang penting, kurang penting dan sangat penting. Setiap pemain team adalah orang yang penting.

Achieve artinya  mencapai, capaian, dan hasil yang diraih. Memahami esensi team berarti mengerti dengan baik mengenai tujuan yang harus diraih secara bersama-sama. 

membangun teamwork yang kuat

 

Tujuan adalah  objek ambisi atau usaha seseorang; suatu tujuan atau hasil yang diinginkan. Tujuan adalah hasil atau pencapaian ke arah mana usaha itu diarahkan. Tujuan adalah hasil yang ingin diraih, dicapai, dan dinikmati sebagai bagian dari upaya, usaha, dan kinerja yang telah dilakukan dengan baik.

Memahami esensi team berarti mengerti tentang hasil yang ingin diraih secara bersama-sama. Pencapaian hasil ini adalah pencapaian bersama sehingga kegagalan maupun keberhasilan dalam meraih hasil terbaik merupakan tanggung jawab bersama sebagai pemain tim.

More artinya lebih banyak. Para pemain tim yang berhasil mencapai hasil yang lebih banyak layak untuk menikmati yang lebih banyak pula. Pemain tim yang sukses meraih hasil yang lebih besar pantas untuk menikmati yang lebih besar pula.

Memahami Esensi Team

Bagaimana dengan sistem teamwork di perusahaan anda. Apakah terdapat golongan kurang penting, penting, dan sangat penting. Implikasi adanya penggolongan ini dapat terlihat dari perkataan, perbuatan, maupun  standard operational procedure (SOP).

Masih ingatkah anda dengan prinsip emas? Jika anda mau dihargai hargailah orang lain terlebih dahulu. Jika anda ingin dihormati hormatilah orang lain terlebih dahulu. Jika anda ingin menjadi orang penting maka perlakukan orang lain sebagai orang penting.

Prinsip orang penting adalah saya orang penting dan orang lain orang penting. Saya tidak akan membuat pentingnya saya untuk membuat orang lain menjadi kurang penting. Sesama orang penting bertindak dan bekerja professional karena memahami esensi team. Team adalah together everone achieve more. (Bertinus Sijabat ---- top-motivator.com )

 

 

Tidak ada komentar