Header Ads

Breaking News

Tahapan Pengambilan Keputusan

 

proses fase pengambilan keputusan

Top-motivator.com --- Tahap Pengambilan Keputusan. Sebelum mengambil keputusan, sebaiknya anda melalui tahapan pengambilan keputusan. Tentu, dengan melalui proses ini, maka diharapkan anda akan melakukan pengambilan keputusan yang tepat.

John C Maxwell di dalam buku Today Matters menyatakan bahwa semakin tinggi usia seseorang maka akana semakin sedikit pengambilan keputusan yang dilakukannya. Sebaliknya, semakin dini usia seseorang maka akan semakin banyak pengambilan keputusan yang dilakukannya.

Bagaimana dengan pendapat anda? Apakah peningkatan usia justru membuat anda semakin banyak pengambilan keputusan? Atau, apakah anda mengakui validitas pendapat John C Maxwell, karena anda justru semakin sedikit melakukan pengambilan keputusan seiring pertambahan usia?

Tahapan Pengambilan Keputusan

Tahapan pengambilan keputusan adalah proses demi proses yang dilalui sebelum mengambil keputusan. Tahapan pengambilan keputusan adalah langkah demi langkah yang harus dilewati sebelum mengambil keputusan.

Menurut Herbert A Simon, peraih nobel prize, tahapan pengambilan keputusan melalui 4 fase  utama pengambilan keputusan, yaitu: inteligensi, desain, kriteria, dan implementasi. 

proses fase pengambilan keputusan

Tahap Inteligensi. Tahapan pemahaman merupakan proses penelusuran dan pendeteksian terhadap lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. 

Menurut David Wechlsler, intelegensi adalah kemampuan untuk bertindak dengan mencapai suatu tujuan, untuk berpikir secara rasional dan untuk berhubungan dengan lingkungan secara efektif.

Menurut Edward Thorndike, intelegensi adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk memberikan respons yang tepat dan baik pada stimulasi yang akan diterima oleh individu tersebut.

Tahapan Pengambilan Keputusan- Perancangan

Tahap desain. Tahap perancangan merupakan proses pengembangan masalah dan pencarian solusi (tindakan) yang dapat diambil. Pada proses ini representasi kejadian nyata disederhanakan, sehingga diperlukan proses validasi dan vertifikasi untuk mengetahui keakuratan model dalam meneliti masalah yang ada.

Tahap Kriteria. Pada tahap ini, anda mulai melakukan pemilahan dan pemilihan terhadap alternatif dari berbagai kemungkinan solusi yang akan dipilih. Kriteria pemilihan disesuaikan dengan memperhatikan tujuan yang akan  dicapai.

proses fase pengambilan keputusan

Sebagian solusi tidak sesuai tujuan.Sebagian solusi tidak mungkin diaplikasikan. Sebagian solusi mungkin tidak memenuhi kriteria. Sebagian solusi dapat dipertimbangkan. Namun, hanya solusi terbaik yang memenuhi kriteria pengambilan keputusan.

Tahap Implementasi.  Pengambilan keputusan akan tuntas ketika diaplikasikan dalam tindakan nyata. Implementasi berarti anda merealisasikan pengambilan keputusan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Keputusan yang sudah diambil tetapi tidak dilaksanakan bukanlah solusi. Keputusan yang sudah diambil namun terus-menerus ditunda implementasi pelaksanaannya juga bukan solusi. Solusi yang terbaik adalah solusi yang diimplementasikan secara nyata.

Kesimpulan

Tahapan pengambilan keputusan melalui 4 fase  utama, yaitu: inteligensi, desain, kriteria, dan implementasi.

Semakin dini usia semakin banyak kuantitas pengambilan keputusan yang dilakukan. Sebaliknya,semakin bertambah usia maka semakin sedikit kuantitas pengambilan keputusan yang dilakukan.

Bagaimana dengan tahapan pengambilan keputusan anda? Bagaimana dengan jumlah pengambilan keputusan anda? Sudahkah anda mengambil keputusan dengan benar, bijak dan tepat?

 

 

 

Tidak ada komentar