Header Ads

Breaking News

Mengoptimalkan Bisnis Model Canvas

 

training business model canvas bisnis model canvas

Top-Motivator.com ---- Mengoptimalkan bisnis model Canvas. Mengoptimalkan bisnis model canvas berarti mengaplikasikan strategi bisnis kanvas ke dalam bisnis anda. Mengoptimalkan bisnis model canvas adalah mempergunakan tool model bisnis canvas dalam perancangan bisnis anda.

Mengoptimalkan Bisnis Model Canvas

Istilah bisnis model canvas, business model canvas dan model bisnis canvas adalah istilah yang dapat dipertukarkan satu sama lain. Bisnis model canvas, model bisnis kanvas, bisnis kanvas, atau BMC adalah istilah yang memiliki pengertian yang sama.

Bisnis Model Canvas adalah representasi visual dari model bisnis yang menyoroti semua faktor strategis utama. Bisnis model canvas adalah gambaran umum, holistik, dan lengkap tentang cara kerja perusahaan, pelanggan, aliran pendapatan, dan lainnya.

Business Model Canvas adalah alat yang membantu dalam memvisualisasikan pengembangan model bisnis potensial. Bisnis Model Canvas adalah alternatif yang efektif untuk metode tradisional mendokumentasikan rencana bisnis, yang biasanya disajikan dalam dokumen multi halaman yang panjang.

Mengoptimalkan Elemen Bisnis Model Canvas

Customers Segmen. Segmentasi pelanggan adalah proses membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok dengan kebutuhan, perilaku, atau karakteristik yang sama.

Segmentasi seringkali didasarkan pada data demografis, geografis, psikografik dan perilaku untuk menentukan segmen pelanggan. Tujuan segmentasi pelanggan adalah untuk menyesuaikan strategi pemasaran untuk setiap segmen untuk mendorong perilaku yang lebih menguntungkan.

Segmentasi pelanggan berarti membuat target pelanggan yang menjadi sasaran penjualan produk. Segmentasi pelanggan harus menjawab siapa orang yang mau membeli dan menjadi pelanggan setia anda.

training business model canvas mengoptimalkan bisnis model canvas

Value Proposition. Nilai proposisi. Value proposition adalah suatu nilai yang dijanjikan perusahaan untuk diberikan kepada pelanggan jika mereka membeli produk. 

Proposisi nilai menjelaskan keunggulan, keistimewaan dan keunikan produk anda sehingga membuat pelanggan memilih untuk membeli. Proposisi nilai adalah tawaran manfaat yang membedakan produk atau layanan anda dibandingkan dengan produk pesaing.

Customers Relationship. Hubungan Pelanggan. Bagaimana cara anda untuk menjadikan konsumen menjadi pelanggan setia. Kemampuan menjalin hubungan dengan pelanggan merupakan strategi penting yang harus digarap dengan serius.

Apa yang harus dilakukan agar pelanggan merekomendasikan produk kepada orang lain. Bagaimana cara melayani pelanggan loyal, apakah dengan memberikan potongan harga, memberi kartu keanggotaan, atau  memberikan pelayanan khusus.

Chanel (saluran). Saluran merupakan tempat produk dapat dilihat,diakses, dan dibeli. Saluran berkaitan dengan dimana produk atau layanan anda dapat dibeli oleh pelanggan.

Apakah saluran distribusi anda bersifat ofline, online atau gabungan ofline dan online. Apakah anda menggunakan sistem agen, distributor, atau komisi. Apakah anda mempergunakan website, youtube, tiktok, marketplace, dan facebook?

Saluran harus mampu menjawab bagaimana cara pelanggan dapat mengetahui produk/jasa yang Anda tawarkan? Bagaimana cara produk/jasa bisa sampai ke tangan pelanggan? Apakah cara itu efektif?

Revenue stream. Sumber pendapatan menjelaskan dari mana arus pendapatan utama bisnis berasal. Apakah sumber pendapatan utama berasal dari penjualan produk, persewaan produk, komisi atau sumber pendapatan lainnya?

Sumber pendapatan utama harus menjawab dengan tuntas produk yang terjual laris dan yang merugikan. Pastikan anda memahami apakah suatu produk harus dikembangkan lebih baik atau justru dihentikan.

training business model canvas mengoptimalkan bisnis model canvas

Key resources. Sumber daya utama  adalah aset terpenting yang diperlukan untuk membuat model bisnis berfungsi. Sumber daya ini memungkinkan perusahaan untuk menawarkan value proposition, menjangkau pasar, memelihara hubungan dengan pelanggan, dan memperoleh pendapatan.

Sumber daya utama dalam bisnis meliputi: sumber daya fisik, sumber daya intelektual, sumber daya keuangan, dan sumber daya manusia. Optimasi semua sumber daya ini tentu akan membuat bisnis menjadi lebih sehat.

Apa sumber daya utama yang harus dimiliki untuk menjalankan bisnis? Asset apa saja yang dibutuhkan agar bisnis dapat bersaing?

Key Activities. Aktivitas utama. Aktivitas atau kegiataan yang dilakukan sehingga menciptakan produk yang unggul, istimewa, dan unik. Strategi apa yang harus dikembangkan sehingga target dan tujuan bisnis dapat dicapai?

Key Partnership. Mitra bisnis adalah kerjasama yang dibangun dengan pihak eksternal perusahaan. Mitra bisnis tentu berpengaruh untuk menjaga kelangsungan bisnis.

Siapakah mitra bisnis yang memberikan dampak signifikan? Siapa mitra bisnis yang mampu menjaga kinerja dengan baik. Siapa mitra bisnis yang menjadi supplier yang mampu menjaga mutu dan harga bahan baku tetap baik?

Siapa yang mengerjakan apa? Siapa menlakukan apa? Siapa pihak supplier/vendor yang paling menentukan kesuksesan perusahaan?

Cost structure. Struktur biaya adalah seluruh komponen pengeluaran, baik beban dan biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan produk terbaik. Semua biaya harus dicatat, diawasi dan dilaporkan dengan baik.

Kemampuan mengelola biaya dengan baik sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Semua biaya yang dikeluarkan seharusnya mampu memberikan kontribusi positif demi value proposition yang baik pula.

Pengeluaran apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan model bisnis ini? Komponen biaya apa yang dibutuhkan pada setiap elemen key activities, key resources, dan channel?

training business model canvas mengoptimalkan bisnis model canvas

Mengoptimalkan Bisnis Model Canvas

Mengoptimalkan Bisnis Model Canvas dapat dilakukan dengan memahami esensi apa itu bisnis model canvas. Mengoptimalkan bisnis model canvas harus dilakukan dengan memahami semua elemen bisnis model canvas.

Kemampuan memahami bisnis model canvas harus melibatkan semua internal perusahaan. Mulai dari pimpinan tertinggi hingga semua divisi ambil bagian untuk memahami elemen bisnis model canvas dengan baik.

Top Motivator Indonesia dapat membantu anda mengembangkan pemahaman bisnis model kanvas dengan Training Business Model Canvas. Melalui Training bisnis model canvas ini, anda akan semakin memahami urgenti dan cara mengoptimalkan bisnis model canvas. (Bertinus Sijabat --- Top Motivator Indonesia)

 

 

 

Tidak ada komentar